Maksud dari Rindu

Saat ini, orang yang paling bisa kupercaya cuma dia. Mengapa? Karena dia pun percaya padaku. Dia bisa membaca dan mengerti apa maksud dari niat, perkataan, dan perbuatan saya. Saat orang-orang terdekat cenderung skeptis atau bahkan cuek dengan jalan pemikiranku, dia tidak menganggapku begitu.

Pernah merasa terasing di dalam keluarga sendiri? Inilah yang saya rasakan. Pandanganku kini berbeda jauh dengan mereka. Sifat “pemberontak” itu semakin menjadi. Saya kini bisa menangkap apa yang salah di dalam keluarga ini. Tapi sayangnya semua tidak bisa diubah lagi. Mereka sudah tua, cara berpikir itu sudah menempel erat di dalam otak mereka. 

Dan saya, yang menyadari kesalahan itu, ingin sekali segera lepas dari semua itu. Bahkan entah kenapa saya ingin lepas dari keluarga ini. Luarnya dibungkus dengan cinta kepada makhluk suci, namun tidak di dalam. Contoh-contoh tidak baik bermunculan. Dan itu berpengaruh kepada anak-anaknya yang melihat. Materialisme itu masih mengakar kuat. Segala hal masih dipandang dari ukuran duniawi. Sedangkan saya tidak suka dipandang dari sisi duniawi. Saya butuh uang, tapi hanya untuk yang memang perlu saja. Saya tidak peduli budaya apa yang sudah mengakar di masyarakat mengenai uang. 

Saya yang “berbeda” dari anggota keluarga yang lain tampak terbuang dan cenderung dianggap bodoh. Saya tidak butuh diberi persangkaan apalagi ejekan atau sindiran. Saya hanya butuh dibantu untuk bangkit. Inilah alasan mengapa aku sering merindumu, seorang yang tidak akan merendahkanku. Ini cuma jeritan kesakitan dari seorang perempuan yang kemampuannya disia-siakan, yang kebutuhan immaterialnya tidak dapat dipenuhi oleh keluarganya. 

 

Leave a Reply

