Between God, Me, and You

Kembali, pergolakan batin mengganggu jiwa yang rapuh ini. Selalu kesal, kapan aku akan sekuat engkau?

Ah, tapi tak patut hamba yang lemah terus mengeluh. Sedangkan ia masih punya Tuhan yang selalu bersamanya. Beberapa menit merenung, masalah batin ini kurasa memang berasal dari banyaknya dosa yang saya perbuat. Ya, saya masih jadi seorang yang gampang mendua di hadapan Tuhan. Rasanya tak layak kalimat dzikir melantun dari bibir, namun hati dan badan tak jua berdzikir. Memang, tuanku pernah berkata, dzikir hati adalah yang paling sulit dilakukan. Tapi saya tetap yakin bisa melakukan itu. Akan kunikmati keindahan-Nya walau saya tidak bisa melihat-Nya.

Oh, Tuhan, betapa aku merindu. Walau aku merasa setiap saat didekap oleh-Mu, namun mengapa tangisan karena rasa bersalah selalu kukeluarkan? Menangisi diri sendiri karena tak mampu meraih tingkat yang lebih tinggi lagi. Aku ingin mencapai tingkat tertinggi.

***

Maaf, belum layak aku mengumbar cinta pada seseorang sebelum aku cintai Dia yang lebih utama. Aku hanya tidak ingin mengotori hati dan pikiran dengan harapan terhadap manusia. Angan-angan telah membutakanku akan masa kini. Aku merasa bersalah, jangan-jangan yang aku ungkapkan pada orang itu bukan cinta, tapi nafsu. Sesungguhnya cinta tidak melemahkan, tapi menguatkan. Jika tidak menguatkan, itu bukan cinta, tapi nafsu. Setiap kau ikuti nafsu, pasti kau akan jatuh dan menyesal. Mengikuti cinta mungkin dapat membuatmu jatuh, namun ia tidak membuatmu menyesal.

Maka itulah, sebelum penyesalan datang, aku ingin mencegahnya dengan mempersiapkan diri. Menyucikan batin dan memaksimalkan kemampuan diri. Kelak ini akan menjadi sebuah kejutan untuknya, yang memang ditakdirkan untukku. Kelak kutunjukkan padanya bahwa aku benar-benar mencintainya, tak hanya dalam perasaan dan perkataan semata.

 

Tak pantas lah hamba sahaya mengkhianati tuannya

berlagak dengan menampakkan dua muka

padahal tuannya telah jelas berkata

“Jadilah kau hambaku yang setia”

Leave a Reply

