Fight Satan

Melawan setan itu sebuah kewajiban, namun ternyata tidak mudah menjalankannya. Baik itu setan yang sebenarnya atau dalam bentuk kebiasaan buruk yang harus dilawan. 

Setan memang sumber dari semua keburukan yang kita punya. Manusia dapat mencabut akar keburukan tersebut hanya dengan bantuan Allah SWT semata. Itulah makna ta’awudz. Berlindung dari godaan setan yang terkutuk.

Selain itu, setan dapat dilawan dengan memperkuat keyakinan dan pengenalan kita terhadap Allah sebagai Tuhan dan Nabi Muhammad  SAW sebagai utusan Allah. Kalau tidak ada Rasul, mana mungkin Al-Qur’an sampai pada kita dan dapat dimengerti. Beliaulah satu-satunya penyampai pesan-pesan Tuhan. Allah sebagai Dzat yang berkuasa dan layak untuk disembah, pun layak untuk dimintai pertolongan. Dengan kuatnya keyakinan pada sumber dari segalanya (Allah), maka tidak ada alasan untuk takut kepada selain-Nya. 

Hanya saja, ini memang tidak mudah untuk dilakukan. Butuh ketegasan dan konsistensi langkah. Terlebih derajat kita lebih tinggi dibanding setan ini sendiri. Siapa yang mau dipermalukan oleh orang yang berada di bawah kita. Semangat untuk melawannya tidak boleh runtuh. Harus terus dicoba. Kalau tidak, mau sampai kapan kita tidur dalam buaiannya? 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s